20 April 2012

Mendebat Prasangka

Prasangka adalah suatu perasaaan waspada yang berlebihan yang ditujukan kepada orang lain atau kepada sesuatu. Prasangka ini kalau menurutku merupakan suatu hal yang buruk. Hal ini tak lepas dari dampak yang ditimbulkan oleh prasangka. Bagaimana tidak? Cukup dengan satu prasangka, dan persahabatan atau hubunganmu dengan orang lain akan terasa berbeda.
Karena mungkin yang kalian sadari yang membuat hubungan kalian renggang dengan si pacar, atau dengan orang tua atau teman adalah prasangka. Ketika melihat pacar kamu jalan dengan cowok lain, langsung berfikir, emang dasar cewek genit, satu cowok nggak puas. Kemudian hal ini berlanjut dengan berkonfrontasi dengan cewek kamu. Mending kalau dibicarain dengan baik-baik. Tapi kalau nggak gimana? Cuma dipendam dalam hati yang membuat masalah makin rumit. Bingung kan jadinya?
Prasangka dengan teman adalah kasus yang paling sering dijumpai dalam masa remaja ini. Hal ini lumrah saja asal prasangkanya cuma sebentar, kemudian semuanya langsung bisa clear. Apalagi bagi anak-anak asrama seperti aku, huih prasangkanya ada banyak yang beredar. Mulai dari eh, si anak itu loh egois, eh dia suka ngutil, eh kemayu, eh pinter tapi sombong, eh areke kuper, dan berbagai macam prasangka yang lain yang tertanam dalam otak kecil narrow-minded kita.
Padahal kenyataannya adalah bahwa kita memang berhak untuk berfikir bebas, itu memnag kehendak. Tapi juga bebas bukan yang nggak bertanggung jawab. Gimana kalau ada orang yang berfikirnya sudah keterlaluan. Nyebarin gosip ada yang gay atau apa yang tidak berdasarkan fakta yang ada. Wah, hal itu akan membuat korban dijauhi orang, nggak punya teman, dan akan membatasi ruang gerak nya. Mau berkomunikasi dengan teman cowok yang lain, teman yang cowok-cowok udah pada menjauh karena takut jadi korabn. Suatu hal yang sangat menyedihkan.
Pokoknya jangan sampai prasangka yang ada pada diri kita itu membuat pikiran kita menjadi narrow-minded. Gini sebentar udah jangan lah, jangan dekat-dekat sama dia, jangan melakuka ini, itu yang akhirnya berujung pada pematian karakter. Wah mengerikan seklai itu. Maka dari itu, sebagai generai muda yang baik, jangan asal main prasangka. Karena akibatnya sungguh mengerikan. Ok?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan beri komentar kamu mengenai apa yang aku tulis di atas. Tapi tolong jaga kesopanan ya,