27 Februari 2011


Nggak tahu kenapa, akhir- akhir ini make me so very exhausted. I have to do my research. Go to library and back, school.banyak bnegt sih kegiatannya. hingga kadang- kadang membuatku pusig dan lelah.
Padahal, kau tahu. Di kelas aku adalah orang yang biasa. Jarang mengacungkan tangan. Dari dulu aku kurang PD menyampaikan pendapat. Aku lebih suka nulis (meski kadang-kadang juga suka biacar).
Kemarin waktu aku ke Perpus UB aku ketemu sama pak siapa???lupa. Aku dikira anak yang hebat padahal aku adalah anak yg biasa aja. Tetapi orang itu bilang. Nggak apa- apa kok jadi orang biasa. Yag penting melakukan sesuatu dengan cara yang luar biasa.
Do you agree with me?

19 Februari 2011

Hah? Film Luar dicekal?

Setelah sebelumnya dianggap hanya sebagai spekulasi akhirnya Motion Pictures Asscociation (MPA), organisasi yang mewakili perusahaan film asing di Indonesia, resmi menarik filmnya dari seluruh bioskop di Tanah Air. Langkah tersebut diambil sebagai respons kebijakan bea cukai Indonesia yang memberlakukan bea masuk atas hak distribusi film impor sejak Kamis, 17 Februari 2011.

Sumpah! Aku kaget banget setelah tau dari jejaring sosial bahwa film luar ditarik. Aargh... kurang kerjaan banget sih, MPA.Cari sensasi. Please deh, jangan ditarik. Dengan alasan...
1. Film Indonesia "banyak" yang nggak berkualitas
2. Film luar banyak yang berkualitas
3. Film Indo banyak porno tersiratnya, terutama film horor
4. Film kesukaanku kebanyakan dari luar (nggak nyambung banget)
5. Bioskop akan bangkrut, karena jarang yang datang
6. Perfilman Indonesia bakal mati suri
7. Produser film Indonesia nggak bakalan buat film yang bagus. Karena nggak ada pesaing

Sumpah, aku bener- bener nggak ngerti

18 Februari 2011

I don't know why...

I never like people who don’t reply the question. Yeah, just like happened to me some minutes ago. I met them in dining room B in my dormitory, and I saw them make something with a long and big black fabric. I just asked, “ What are you doing? What’s for this fabric?” But they don’t answer satisfied. Just smiled and didn’t answer seriously.
Actually I don’t know why I don’t like that. Mungkin ini seperti karena aku tak dianggap. But we must ask our self, because maybe they are busy so not answer our questions.

The Effect of Using Technology in Our Health

This Article Created By:
M. Abdul Manaf
Nabela Hanyvia B.
Upik Nugraheni
Sabrina Annisa M.

Everyone would agree that the advancements of technology have drastically simplified/improved the way we live, work, and play. We utilize these innovations without thinking twice about their potentially adverse effects on our health.
There are many technologies or device we use. Such as television, computer, cell phones, and many more.
In 2008, study revealed that Americans spend about 142 hours/month watching television; This means 1704 hours/year!. They are also utilize the other technologies to satisfy their leisure. Due to advancements of technology, such as: TiVo, Blu-Ray, HD, etc. these numbers are likely to increase. And what about video games? X-box, Playstation, Wii, etc.
The Computer has evolved into a device of many uses; It has become part of our daily “routine”. Work-Related activities and Leisure activities. You use the computer to do your work, make proposal in Ms Word, or make database. You also use it for facebook, blog, to buy something in e-shop, play video games.
According to the United States Bureau of Labor Statistics, computers are used in the United States, by 100 million people at their jobs daily. Further, according to the National Center for Education Statistics, 95% of schools and 62% of all classrooms in the United States have had computers since 1999
The more capabilities cell phones are made to have, the more usage increases (i.e. 3G). iPhone, Blackberry, Sidekick, etc. The iPhone 3GS sold over 1 million units in its first weekend!
So what kinds of health effects may these technological advancements of our generation cause to our bodies? We will cover: What kinds of health effects people are experiencing NOW. What kinds of health effects people may experience in the FUTURE. Additional effects The Ethics behind the issue.

Health Effects (Now)

Now days, there are many disease or heath effect cause use over technology. To name a few, Computer Vision Syndrome (CVS) Carpal Tunnel Syndrome (CTS), Repetitive Strain Injury (RSI), E-thrombosis, and Obesity.
Computer Vision Syndrome Related to: Computing, TV/Video Games Computer Vision Syndrome (CVS) is a common condition caused by incessantly focusing on characters/images on a [computer] screen. Our eyes have a difficult time focusing pixels Symptoms: headaches, burning/aching/dry eyes, double or blurred vision, light sensitivity, neck and shoulder pain, etc. CVS can be prevented by the use of special computer glasses.
Carpal Tunnel Syndrome & Repetitive Strain Injury Related to: Computing, Cell Phones Carpal Tunnel Syndrome (CTS) is actually a type of Repetitive Strain Injury brought about by: working with bent wrists a high rate of repetition using the hands a lack of rest for the hands and wrists forceful hand motions. Various other kinds of RSI’s are caused in similar ways. Excessive typing, mouse clicking, text messaging (thumbs)
Tunnel Syndrome & Repetitive Strain Injury Related to: Computing, Cell Phones Symptoms: pain, numbness, tingling in the fingers.5 RSI’s can lead to the need for medications, splints, or operations.
Many of these symptoms can be reduced through a combination of correcting workstation conditions, posture, stress-relieving lenses prescribed specifically for computer operation, special anti-glare screens, eye exercises and nutritional supplementation.
Obesity is a condition best described as a surplus of body fat which can lead to a lot of other health issues (i.e. diabetes, high blood pressure, heart disease, etc.). 60 million people in the U.S.7 Men: > 25% body fat Women: > 30% body fat. Obesity related to: Computing, TV, Video Games. Studies have shown that more TV = more chance of obesity. This also applies to prolonged daily use of the computer and playing video games without physical activity.
E-Thrombosis is the condition is related to deep vein thrombosis, where blood clots form in deep veins, such as those in the legs. These clots can be fatal if they migrate to the lungs and cause a pulmonary embolism. Clots can form when blood supply slows or stops, such as in a period of prolonged immobility. Similarly, e-thrombosis is the development of clots in the deep veins of someone who spends long amounts of time in front of a computer without moving. Although only a handful of e-thrombosis cases have been reported, millions of people who spend most of their time in front of a computer are at risk. Avoiding e-thrombosis is simple: stand up and move around every hour, tap your toes while you work, put equipment and supplies in different parts of your work area so you have to move to get them, don't cross your legs while sitting at your desk, don't spend your lunch break at your desk (go for a quick walk instead), and don't get too comfortable -- if your workspace is ultra-cozy, you won't want to get up.

Health Effects (Later) :

Cellular Phones Studies have shown that heavy cell phone usage can lead to possibly cancerous tumors. The cellular phone emits radiofrequency (RF) radiation. Mostly harmless in small amounts. Prolonged use (many years) may create an older generation plagued with cancer. Hands-free devices may help.
Laptop Computers Studies show that placing the laptop on the lap could lead to infertility in males. The heat from the laptop increases the temperature of the scrotum—giving sperm an unstable environment. May be prevented by placing one’s laptop on a desk instead.
Additional Effects There are also many indirect technology-related health issues. Traffic Accidents Cell phone distraction causes 2,600 deaths and 330,000 injuries in the United States every year. Increased Aggression, Sexuality in Adolescents. Studies show that the increased depiction of violent acts and sex on television negatively influences young people; they tend to want to re-enact what they see on TV. Social Withdrawal Prolonged hours of gaming or television can cause people to lose sight of the real world.
So, is it ethical to continually create more and more advanced forms of technology? “Yes.” Technology improves the way we live; Life activities will continue to become easier and more enjoyable. “No.” People used to live fine without technology; we can live that way again. Technology just creates more health risks.
Questions we must ask ourselves in this debate: Do the Pros of technology outweigh the Cons? What measures should be taken to prevent technology-related ailments? Leave it up to the people? Leave it up to the inventors? What other issues might arise as a result of technology-related health problems? So, What do you think?


http://www.sciencedaily.com/releases/2008/02/080214144349.htm 10.
http://www.webmd.com/infertility-and-reproduction/news/20041208/laptop-computers-may-affect-male-fertility 11.
http://www.livescience.com/technology/050201_cell_danger.html 12.
Rata Penuh

15 Februari 2011

Kok belum ikhlas Sih

Today, i went to Wilis (Second book shop) in Simpang Wilis Street, Malang. I went to there alone. I leave from my dormitory at 9.30 am. Kemudian aku mencegat mikrolet AL, karena aku mau menuju ke Wilis. Unfortunately, aku kesasar sampe ke satiun. Padahal, aku udah bilang sama sopirnya, Pak, Wilis. Orangnya diam aja. Terpaksa aku berangkat sendiri dari stasiun tapi bapaknya baik, so i'm not pay the car. With forced, i intercept the car again, AL and go there.
Finally i arrived in Wilis. I think Wilis is just small book shope. In fact, Wilis is big book shop with the full of illegal and second book. The first impression is this shop is very irregular, full of dust and people. Huh, but also full of interesting books, old books, novel, ensyclopedy, science, and many more.
When i came there, i just want to walk around and looking for Al- Munjid dictionary. But, i can't found it. After that, i found very interesting books. About GCE books, and english books. There are chemistry with green colour, english, and many more! Very interseting books ang intrigue my self.
Aku mendapat sekitar 12 buku yang menarik. Ketika aku tanya ke orangnya. Berapa? Orangnya menjawab 400 ribu. Hah? Emangnya loe siapa Bu? Gue tahu buku ini bekas and Ibu dapet harganya pasti cuma 100 ribu. Sangat brilian menipu pelanggan. Dan kau tahu??? AKU TERTIPU oleh pedagang busuk dengan otak udang dan tubuh cyclops. Ibu ini yang memakai gincu merah setebal kaus kaki bau yang belum aku cuci dan berebdak putih dengan bau seperti kentut berhasil membodohiku. AWAS KAU BU! AKU CURI BUKUMU! AWAS!
Entah mengapa aku belum tenang. rasanya aku ingin mencuri buku- buku itu dan membawanya lari! Gue nggak takut! Aku nggak ingat sama dosa untuk sekarang ini. Yang aku inginkan adalah membalas Monster-Babon-Betina-Brengsek itu. Tunggu saja.
Meskipun begitu, aku emang mendapat buku bagus sih, Pure Physic, Pure Biology, and Math. Semuanya buku GCE (berhubung kurikulum di sekolahku IGCSE). Aku ingin bersyukur, tapi aku entah mengapa ingin tetep membalasnya. Mungkin akan aku lakukan Sabtu depan. Awas Bu, Aku akan menyamar dan membalas dendam. Just Wait and See! BITCHies!

Air Untuk Masa Depan

By: M.A Manaf

Kompetisi Web Kompas MuDa & AQUA

Air merupakan senyawa yang sederhana. Tentu saja, hanya terdiri atas dua taom hidrogen dana satu atom oksigen. Ya, Cuma itu. Tetapi bukankah ada pepatah, jangan meremehkan yang sederhana, karena yang sederhana itu bisa jadi yang penting. Buktinya, meski air itu merupakan elemen yang sederhana, tetapi air sangat dibutuhkan untuk kelangsungan kehidupan kita. Kita bis hidup bebrapa hari tanpa makanan, tetapi jangan harap kita bisa hidup tanpa air. Makanya, ada perumpamaan bahwa air sumber kehidupan.
Karena air sumber kehidupan, air memiliki peranan penting untuk masa depan. Tetapi masalahnya adalah, pencemaran dan kelangkaan air merajalela. Sungai dibelakang rumahku, yang dulu masih biasa aku gunakan untuk mandi bersama teman- teman, kini sudah dialiri berbagai amcam sampah tinja manusia. Bukankah snagt menjijikkan? Hal itu membeuatku jarang sekali pergi ke kali (sungai) itu lagi. Bahkan aku sudah lupa berapa lama aku tidak kesana. Rasanya sudah setahun lebih.
Aku selalu memeperhatikan bahwa sekarang, dengan kesadaran yang tinggi Air itu telah menjadi barang ekonomis. Tidak lagi seperti dulu. Kita bisa enak bermain- main dnegan air. Sekarang zamannya untuk berhemat air. Bagaiamana bisa bersenang- senang dengan air kalau kita harus membeli air untuk minum, dari pada untuk main- main mending untuk minum dan masak kan?
Itulah masalahnya, dimana- mana air mulai mahal, di Kenya dan India, para penduduknya harus antri mengambil air. Kalau dulu memburu daging, sekarang mereka juga harus memburu air. Menmepuh perjalanan 4 jam lebih, berburu dengan waktu, yang lebih parah, kebanyakan dari mereka adalah perempuan yang membawa jeriken puluhan liter. Mereka sudah tak peduli dengan penampilan, yang penting adalah mereka bisa hidup.
Apa yang dilakukan oleh mereka sangat jauh dengan kita. Meski kita mulai sadar bahwa air melangka, tetapi tindakan pencegahan ap yang telah kita lakukan. Aku sangat khawatir bahwa suatu hari nanti akan muncul waktu dimana kita harus antre membeli air. Bahkan, kita bisa saja membunuh karena air. Aku pribadi tak ingin hal itu terjadi. Kau tentu juga berpikir demikian kan? Kalau kita orang waras, kita pasti berpikir bahwa air itu penting. Kita tidak boleh menyia- nyiakan air. Tak boleh mencemari air. Kita harus menyelamatkan air. Demi masa depan yang lebih baik. Tapi bagaimana caranya?
Kita tidak perlu menjadi seorang environmentalist garis keras untuk melakukannya. Apa yang kita lakuakn sekarang tentu berefek pada masa depan kan? Maka kita bisa melakukannya mulai dari sekarang. Menyelamatkan air untuk masa depan tak seberat kedengarannya kok, kalu kita bisa berfikir dengan tindakan sederhana. Kita pasti bisa. Jangan pedulikan omongan orang lain. Mulai dari diri kita sendiri saja. Kalau kita ikhlas melakukannya, pasti orang lain juga tertarik untuk melkaukan hal yang sama. Pada akhirnya, semua orang akan saling jalin- menjalin membentuk sinergi yang kuat untuk menyelamtkan air. Yeah!
Tepatnya apa sih yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan air dimasa depan? Kita bisa mulai dari kamar mandi kita. Kamar mandi tentu menjadi sentral air di rumah kita. Makanya kita harus menghematnya. Kalau mandi, itu lebih baik memankai shower karena air yang terbuang sia- sia menajdi sedikit, kalau memakai gayung kita selalu cenderung untuk boros. Bukannya menuangkan pelan- pelan ketubuh dan membasuhnya, kita malah byar...byur...byar... byur.... yang penting basah semua. Kalau gitu airnya terbuang sia-sia dong. Kalau sikat gigi airnya jangan terbuang sia- sia di westafel, tadahi pake gelas atau gayung. Pakai air yang ada didalamnya untuk gosok gigi, dijamin lebih hemat.
Aku juga punya ide yang lain. Hal ini bisa diterapkan dirumah atau sekolah kamu. Kamu bisa membuat biopori atau sumur resapan. Dengan itu, air akan lebih mudah terserap ke dlaam tanah dan langsung bergabung dnegan air bawah tanah dan disimpan deh. Cara membutanya? Cukup mudah untuk membuat biopori, tetapi membutuhkan ahli yang berpengalaman untuk membuat sumur resapan. Disekolah aku tergabung di Water Conservation dan bertugas melakukan demikian. Sangat seru. Untuk info tentang biorpori dan sumur resapan kamu bisa kontak aku di ma.manaf@ymail.com.
Sangat seru menyelamatkan air, meski dampak yang didapat untuk jaka panjang dan kita belum bisa merasaknnya sekarang, setidaknya kita bisa berbgi kebahagiaan kepada generasi emndatang. Membuat perubahan, meski pelan- pelan. Kalau kita melakukannya bersama- sama pasti terasa mudah dan ringan, ayo mulai sekarang kita selamatkan air untuk masa depan!

08 Februari 2011

Beasiswa SMAN 10 Malang Tahun 2011/2012

BEASISWA SMAN 10 Malang (Sampoerna Academy)

Pendidikan Bertaraf Internasional Berasrama

Tahun Akademik 2011/2012

Sebagai wujud kerjasama antara Putera Sampoerna Foundation dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, SMAN 10 Malang (Sampoerna Academy) menyediakan pendidikan bertaraf internasional dengan kualitas pendidikan terbaik bagi siswanya. Kombinasi antara kurikulum internasional IGCSE dari Cambridge University dan Standar Nasional Pendidikan, serta didukung oleh fasilitas pendidikan berasrama (boarding education), merupakan beberapa keunggulan dari sekolah ini. Selain itu, sekolah ini menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar untuk beberapa mata pelajaran dan juga dilengkapi dengan fasilitas belajar mengajar yang lengkap.

Untuk tahun ajaran 2011/2012, SMAN 10 Malang (Sampoerna Academy) menerima 150 siswa dari wilayah Provinsi Jawa Timur, dengan beasiswa penuh.

Beasiswa Sampoerna Academy mencakup:

  1. Biaya pendidikan
  2. Biaya tempat tinggal dan makan di asrama
  3. Buku pelajaran
  4. Tunjangan kesehatan
  5. Seragam

I. Persyaratan Dasar Calon Siswa

  1. Warga Negara Indonesia yang duduk di kelas 3 SMP di Jawa Timur dan berusia antara 14-16 tahun
  2. Memiliki nilai akademik rata-rata minimum 7,5 dari semester 1 sampai dengan semester 5
  3. Menduduki peringkat 15 siswa terbaik di sekolah (pada semester 5)
  4. Berasal dari keluarga ekonomi menengah ke bawah
  5. Melengkapi formulir aplikasi dan menyertakan dokumen pendukung yang dibutuhkan.

II. Jadwal Seleksi Siswa

Registrasi Batas waktu formulir aplikasi beserta semua dokumen pendukung diterima oleh Komite Seleksi Beasiswa (Bukan berdasarkan tanggal cap pos) 12 Maret 2011
Proses Seleksi Proses seleksi dokumen Minggu II Maret 2011
Pengumuman hasil proses seleksi dokumen Minggu III Maret 2011
Tes Tulis, Wawancara Panel, & Diskusi Minggu I April 2011
Peninjauan akhir terhadap calon Minggu III April 2011
Pengumuman Pemberitahuan pemenang beasiswa. Minggu II Mei 2011

Formulir aplikasi bisa diperoleh di sekolah masing-masing, atau melalui situs kami: www.sampoernafoundation.org , www.sman10malang.com

Nomor Telepon: (0341) 727699 (Senin s/d Jumat, jam 09:00 s/d 17:00 WIB, Sabtu jam 09.00 s/d 12.00).

01 Februari 2011

Mr. Unless Popular

Punya banyak teman merupakan suatu berkah. Tetapi bagaimana kalau tidak? Bagaimana kalau kau hanya menjadi dinding sesorang. Ada tetapi tak diperhatikan. Of course kau dilihat. Tetapi tak ada yang peduli. I will talk with you if i need. That's the point.
Dahulu aku sering bertanya- tanya. Bagaimanakah jika kamu tidak memiliki teman atau kau bukanlah orang populer. Bagaimanakah rasanya? Apakah sakit? Apakah menyedihkan? Berangkat sendiri, pulang sendiri, pergi ke perpus sendiri, ikut ekskul sendiri, kemana- mana sendiri. How it feel?
Dahulu akau punya banyak teman (sekarang masih juga, tapi berjauhan. aku disini, dia disana). Malah beberapa diantaranya aku tak tahu namanya dan aku tak mencoba mencari tahu (stupid! aku susah menghafalkan nama- nama orang, meski kenal dengan wajahnya). Teman temanku baik sekali. Mereka memiliki rasa kepedulian yang aku anggap sangat bagus. Aku merindukannya. Care each other.
Now, here. It's difficult to find a person like before. I don't know why? Apakah aku terlalu tertutup (dulu nggak). Terlalu pasif? (dulu aktif). Terlalu rendah diri (mungkin). I know i'm different and difficult to understand. When i speak, my friend said that i' angry (hello???). Yeah, actually, i don't know what's my type.
Membandingkan apa yang ada disini dan apa yang ada disana itu sangat mudah. Seperti hitam dan putih. Yang susah adalah mencari penyebabnya. Apakah penyebab internal atau eksternal? atau something? Apakah perasaan ini hanaya aku yang merasa atau memang dirasakan oleh banyak orang?
Aku dari dulu selalu tertarik untuk mendekati anak- anak yang pendiam. Yang merasa apa yang sedang aku rasakan sekarang. Aku selalu tertarik dengan anak yang merasa bahwa dirinya seperti dinding. But now, i need a person like that. Who?
In the first time when i came to this place, i feel comfort with someone. But now. i have different value with him, and it's make me more like a bad wall. Huh..
Aku yakin bahwa ini merupakan ingatan dari Tuhan juga kan? Mengapa dulu ketika kamu masih punya banyak teman kamu nggak bersyukur? Mengapa dulu ketika kamu punya kesempatan untuk mengakhiri perbuatan teman- temanmu kamu nggak melakukannya? Dulu kamu juga ikut mnegucilkan salah satu temanmu? Maka sekarang inilah balasannya. Nggak sakit kok, cuma sebagai pelajaran aja kan?
But i believe. It's just for this time. In the future, i will have good best friends. Doain aja.