18 Juli 2013

Beware of Scholarship

Siapa sih yang nggak mau beasiswa? Apalagi kalau beasiswa yng diberikan itu adalah jenis full scholarship. Hmm, membuat kita kepengen grab it and own it right?
Tapi tahukah kalian kalau beasiswa itu selalu ada kelanjutannya. Jarang sekali ada beasiswa yang ngasih kamu uang buat ngelanjutin sekolah tanpa ada apa-apa dibalik itu. Nggak ada. Pasti semua ada syarat dan ketentuan yang berlaku, dan hal itu lumrah.
Nah, disini aku mau share mengenai beware scholarship. Kadang-kadang ketika kita dpaat beasiswa kita langsung bangga banget kan? Wah, bakal sekolah gratis, buku gratis, rasanya kayak orang spesial. Namun, hal itu nyatanya ada banyak hal yang harus kamu tahu. Beasiswa itu kebanyakan meminta kamu untuk berkontribusi balik.
Berkontribusi balik gimana maksudnya? Maksudnya adalah, setelah kamu dapat beasiswa dan kamu bekerja, kadang-kadang kamu disuruh menjadi donatur untuk calon penerima beasiswa yang akan datang. Atau kalau nggak gitu kamu harus melakukan community service seperti ngajar dan sebagainya. Hal itu lumrah sekali, dan aku juga dukung. Istilahnya untuk rasa terima kasih lah, kamu sudah diberi 'gratisan' ketika kamu sekolah, masa kamu melakukan kontribusi balik aja nggak mau.
Apa yang harus kamu waspadai adalah jika beasiswa yang kamu peroleh meminta timbal balik dalam bentuk uang yang sesuai dengan jumlah yang kamu terima. Contohnya, kamu dpaat beasiswa untuk kuliah 50 juta. Di akhir kuliah, ternyata kamu disuruh menandatangani surat yang mengatakan kamu harus membayar 50 juta dalam jangka waktu tertentu. Nah, itu yang bahaya. Itu bukan beasiswa namanya, tapi student loan. Kamu harus hati-hati jika menghadapi hal yang seperti ini. Meskipun kayaknya lunak banget karena nggak adabunganya, tapi tetep aja kamu akan merasa tertipu dengan adanya hal demikian. Oleh karena itu, sebelum kamu nerima atau melamar beasiswa, kamu juga harus lihat, tanya tanya, buka semua lini informasi agar kamu nggak jatuh kedalam lubang. Ok?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan beri komentar kamu mengenai apa yang aku tulis di atas. Tapi tolong jaga kesopanan ya,