07 Februari 2013

2013 Resolution: Lebih Teliti

Ketelitian adalah masalah yang sangat krusial namun jarang sekali aku perhatikan dengan sungguh-sungguh. Atau, memang dari dulu aku sudah terbiasa kurang teliti, jadi ada beberapa pekerjaanku yang sayang banget gara-gara kurang teliti tidak menghasilkan sesuatu yang maksimal. Contohnya yang paling melekat adalah kegagalanku di LPIR tahun 2008 gara-gara daftar pustaka penelitianku tidak ada di dalam makalah yang diberikan ke juri. Padahal, presentasiku sudah memukau mereka. Sebenarnya ini bukan murni kesalahnku sih, ini adalah bagian dari kesalahan teknis yang dilakukan fotokopian, namun tetap saja seandainya aku mau mengecek dulu, hal tersebut tidak akan terjadi kan?
Selain itu, kekurangan teliti ku juga berimbas pada nilai-nilai ulanganku yang cenderung biasa biasa saja. Biologi, yang merupakan pelajarn yang seharusnya aku bisa dapat nilai 9, hanya kudapatkan nilai 8-an disini, gara-gara kurang teliti. Selain itu, banyak kejadian serupa yang membuat aku geleng-geleng kepala gara-gara kekurang telitianku. 
Masih ingat sekali aku dulu waktu karya tulis ilmiah menghabiskan kertas hampir satu rim gara-gara kurang teliti. Entah itu marginnya salah, paragrafnya kurang bagus, tidak memenuhi EYD, titik nya kurang, halamannya salah, dan sebagainya. Sehingga aku harus ngeprint berkali-kali yang tentu saja menghabiskan kertas dan tenaga.
Oleh karena itu, di tahun 2013 ini aku ingin menjadi lebih teliti. Pengalamanku dengan kekurang telitian juga mnejerumuskanku pada nilai jelek di ujian SAT 1 ku pada 3 November tahun kemarin, aku hanya berharap di tes SAT 1 ku yang kedua kali pada 26 Januari 2013 ini, nilaiku bisa diatas 1200, semoga bisa 1230 lah, mengingat aku sudah teliti disitu. 
Kejadian yang sangat ceroboh pernah aku pikir telah aku lakukan pada saat ujian, yakni aku salah memasukkan kunci jawaban ke dalam lembar jawaban yang salah. Waktu itu aku pikir sudah section 7, padahal masih section 6. Aku disadarkan teman-temanku kalau kita masih mengerjakan section 6. Mendengar hal tersebut, aku langsung panas dingin, aku cek lembar jawabanku begitu kami diizinkan untuk duduk kembali. Thanks God, ternyata aku nggak salah. Kejadian tersebut cukup memberikanku wake up calls untuk menjadi lebih teliti.
Jadi, menjadi lebih teliti akan menjadi salah satu goals ku di tahun 2013 ini. Apalagi tahun ini akan penuh dengan ujian, ujian, dan ujian. Just wish me luck and succeed in achieving my goals!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar kamu mengenai apa yang aku tulis di atas. Tapi tolong jaga kesopanan ya,