30 Oktober 2009

Resensi Confeito


Kisah-Kisah Persahabatan Remaja
Judul buku : Confeito
Penulis : Windhy Puspitadewi
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit : 2005
Tebal buku : 202 halaman
Peresensi : Nadhila Beladina

Novel ini berkisah tentang lima remaja yang bersahabat. Hana, cewek cuek dan pelupa yang bercita-cita jadi penulis. Ridwan, si playboy yang cakep dan tajir. Seta, kutu buku pendiam yang menganggap nilai ujian segala-galanya. Leo, si bijak tempat curhat teman-temannya. Angga, cowok jayus spesies manusia bodoh {ngikutin istilah Ada Band}.

Kelima remaja tersebut berbeda karakter. Hubungan kelima sahabat ini terjalin seperti setoples confeito, gula-gula aneka warna yang bentuknya seperti bintang kecil. Ada kalanya mereka merasakan manisnya persahabatan. Tapi, tak jarang mereka juga mengalami benturan dan gesekan ketika confeito-confeito tersebut dijejalkan dalam satu toples.
Cerita dalam novel ini bisa membuat kita merasakan indahnya persahabatan. Novel ini juga membuat kita merasakan sedih dan bingungnya remaja ketika sahabatnya mendapat masalah.
Novel ini juga memuat beberapa puisi-puisi karya sang penyair ,Kahlil Gibran. Novel ini juga memuat beberapa kata-kata mutiara, seperti “Apa pun yang bisa kamu lakukan, atau kamu bayangkan kamu bisa, lakukanlah. Di dalam keberanian terdapat kejeniusan, kekuatan, dan keajaiban.” {hal. 132}
Dari perkataan tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa semua tantangan dalam hidup kita khususnya dalam hubungan persahabatan kita mempunyai satu kunci. Yakni keberanian. Jika kita berani, kita akan menemukan kejeniusan dan kekuatan dalam diri kita untuk menghadapi masalah tersebut. Dan kita juga akan menemukan keajaiban jika kita berani menghadapi tantangan tersebut.
Keunggulan novel ini, kisahnya terasa begitu nyata. Sehingga, ketika kita membaca novel ini, kita seakan-akan berperan sebagai salah satu dari mereka. Kata-katanya yang mudah dimengerti membuat kita paham sehingga kita dengan mudah bisa menyimpilkan apa saja yang membuat sahabat kita marah, apa yang harus kita lakukan ketika sahabat kita punya masalah, dan beberapa permasalahan lainnya yang sering terjadi pada hubungan persahabatan remaja.
Keunggulan dari novel ini dibandingkan dengan novel-novel lainnya adalah isi novel yang beda. Tidak seperti novel-novel remaja pada umumnya, yang membahas tentang cinta, novel ini lebih banya membahas tentang persahabatan. Dengan bahasanya yang popular, novel ini menarik dan segar untuk dibaca. Cover yang lucu dan full colour menjadikan novel ini lain daripada yang lain.
Kelemahan dari buku ini hanyalah terletak pada ending yang kurang memuaskan. Mengenai alur cerita, alur cerita novel ini sangat mudah untuk dimengerti.
Dengan membaca novel ini, kamu akan merasakan persahabatan yang lebih indah. Hanya satu saran yang tepat, segera miliki buku ini, dan rasakan nuansa persahabatan yang baru. Dan sekarang, rasakan persahabatan kamu menjadi lebih indah dan bermakna!

4 komentar:

  1. wew...

    bagus banget...

    ^^

    BalasHapus
  2. ceritanya bagus bgt.....mekipun ud baca2 berkali ttp menarik....^_^ g rugi punya nie novel

    BalasHapus
  3. @ Anonim, betul banget.... meski teenlit tapi tetep berbobot

    BalasHapus
  4. bagus bngt novelnya. mantrabbb !!!

    BalasHapus

Silahkan beri komentar kamu mengenai apa yang aku tulis di atas. Tapi tolong jaga kesopanan ya,