17 Januari 2014

Flower Men


Ternyata, sekarang ini banyak laki-laki yang mulai peduli dengan penampilan. Penampilan rapi, bagus, charming, tidak didominasi oleh cewek saja, tetapi cowok pun sudah mulai sadar akan pentingnya penampilan.
Dulu, cowok “berdandan”, memakai pembersih wajah, toner, pelembab, handbody lotion, sunblock, dsb pasti dianggap kemayu. Sehingga tak heran kalau tahun 2005 kebawah, beautifying products for men itu sangat jarang. Malah seingatku gak ada (Maklum, itu dulu kayaknya saya masih SD).
Sekarang ini, coba lihat sekitar anda. Buka mata dan telinga lebar-lebar. Cari di internet kalau perlu. Akan kamu temuin banyak banget produk untuk laki-laki. Perawatan untuk semua bagian tubuh ada. Untuk bercukur, ada. Untuk perawatan malam hari, ada. Untuk perawatan siang hari, tambah makin banyak. Sehingga tak heran kalau perusahaan yang dulunya terkenal dengan produk kecantikan untuk cewek sekarang ini juga mulai melirik cowok sebagai pasar mereka.
Adanya permintaan dan penawaran ini membuat para cowok juga doyan belanja produk kecantikan. Menurut lembaga survey Nilesen mencatatt, pada tahun 2010 cowok berlangganan produk perawatan kulit itu sekitar Rp 11,89 triliun. Naik 13,5% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Lumayan ya, ternyata duit yang dihabiskan buat ngerawat diri.
Stigma buruk terhadap cowok yang merawat diri juga mulai berubah. Kalau dulu pasti ada pandangan sinis terhadap orang yang merawat tubuh, sekarang tidak sebanyak dulu. Mungkin orang lain mulai sadar kali, kalau penampilan oke itu juga perlu.
Kalau pendapat aku, itu masih wajar lah, semua orang pasti ingin terlihat perfect dimata orang lain, apalagi kalau udah ada yang punya. Pasti nyadar kan, ketika ada temen kamu yang dulu biasa-biasa aja kagak merhatiin penampilan banget tapi ketika udah punya pacar tiba-tiba ribet kalau ada jerawat yang nongol. Yah, begitulah.
Sedikit bocoran nih, selama tiga tahun lebih hidup di asrama cowok, ternyata banyak juga anak cowok yang merawat diri. Kebanyakan pasti punya pembersih wajah. Muai dari biore men, Vaseline men, nivea for men, sampai produk untuk cewek seperti ponds. Belum lagi, banyak juga yang make handbody lotion. Hal itu selalu bisa aku jumpai ketika berkunjung ke kamar temen-temen.
Menurut aku, boleh aja cowok itu merawat diri. Asalkan gak berlebihan ingin tampil sempurna sampai melakukan hal-hal diluar kewajaran seperti operasi plastik, suntik botox, dsb. Kalau Cuma membersihkan wajah, merawat tubuh, facial ke salon, dan sebagainya itu masih normal ketika dilakukan sesuai dengan petunjuk dokter.

PS: Although I use some beautifying products (because I have acnes on my face), I’ve never been to salon to do facial or something related to beautifying myself.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan beri komentar kamu mengenai apa yang aku tulis di atas. Tapi tolong jaga kesopanan ya,