18 Maret 2010

Tips Memilih Kacamata & Model Gaya Rambut Sesuai Bentuk Tipe Muka

Tips Memilih Kacamata & Model Gaya Rambut Sesuai Bentuk Tipe Muka

Seperti sudah dibahas dalam postingan terdahulu, disebutkan bahwa bentuk atau tipe wajah ( face shape ) baik lelaki maupun wanita pembagiannya sama. Untuk mengingat kembali, bentuk wajah secara garis besar ada dua yaitu tipe lebar dan sempit. Tipe lebar meliputi wajah oval, wajah bundar ( bulat ), wajah kotak, dan wajah hati. Sedangkan tipe sempit terdiri atas wajah lonjong, wajah segitiga, dan wajah berlian ( diamond ).

Pembagian tipe atau bentuk wajah ini penting dalam hal pemilihan model gaya rambut dan kacamata. Gaya rambut ( hairstyle ) dan bentuk kacamata jika tidak pas dengan jenis muka anda justru membebani diri. Orang lain yang kebetulan memperhatikan merasa janggal dan kurang nyaman dengan penampilan anda. Repotnya jika anda malah dianggap norak ataupun mati gaya.

Berikut tips simple dalam memilih model gaya rambut dan kacamata sesuai bentuk wajah ( terutama bagi cowok )

1. WAJAH OVAL ( bulat telur )

Gaya rambut yang cocok : karena wajahmu balance alias serba seimbang ( bentuk wajah sempurna ) so mau model rambut apa saja oke saja, dari gundul hingga pendek, medium, bahkan panjang tak masalah. Lihat postingan tentang pengetahuan dasar gaya rambut di blog ini.

Tipe kacamata yang cocok : bentuk frame dan lensa kacamata apa saja cocok kecuali yang berbentuk bundar ( lingkaran ).

Seleb pria dunia tipe muka oval : Bucky Covington, Barry Watson, Kid Rock, dan Jude Law.


2. WAJAH SQUARE ( kotak persegi / bujursangkar )

Gaya rambut yang cocok : ingatlah karena wajahmu kotak maka rambut di tepi kepala ( pinggir sisi kepala ) potongan cukurnya agak dilengkungkan untuk mereduksi ketajaman sudut dan melembutkan penampilan ( menghindari kesan kaku kayak robot Terminator ). Bisa memilih model pendek hingga medium dengan variasi curly ( ikal ), layer ( tirai ), ataupun wavy ( berombak ). Jika pemotongan dan penataan rambutmu pas maka wajahmu bisa terkesan panjang mirip oval sehingga makin enak dilihat terutama bagi lawan jenis.

Tipe kacamata yang cocok : pilihlah bentuk frame dan lensa kacamata yang oval ( elips ) serta untuk bingkainya ( frame ) yang agak tebal tak masalah.

Seleb pria dunia tipe muka square : Matt Damon, Brad Pitt, Leonardo DiCaprio, Arnold Schwarzenegger, dan Charlie Sheen.

3. WAJAH OBLONG ( lonjong )

Gaya rambut yang cocok : agar wajahmu terkesan lebar mirip oval pilihlah variasi rambut seperti bangs ( melebar kesamping ), layered hair ( tirai ), dan curls ( keriting ). Rambut pendek dan medium oke tapi jangan meninggi ke atas dengan rambut bagian ketiga sisi kepala ditipisi. Jangan pilih rambut panjang lurus hingga melebihi leher, ini bisa bikin mukamu makin terlihat panjang dan sempit.

Tipe kacamata yang cocok : pilih frame dan bentuk lensa kacamata cenderung kotak yang melebar kesamping.

Seleb pria dunia tipe muka oblong : Russell Crowe, Eminem, Shaun White, dan Ricky Martin.

4. WAJAH TRIANGULAR ( segitiga )

Gaya rambut yang cocok : wajah segitiga cenderung sempit di sisi atas ( kening ) dan melebar ke bawah ( pipi dan rahang ). Seimbangkan sisi atas yang sempit dengan menambah volume rambut di kedua sisi ( hingga telinga ) dan atas kepala. Kamu bisa memilih model rambut layered ( tirai ), side swept bangs, dan shaggy. Tipe muka segitiga nggak cocok dengan model rambut militer ( crew cut ) dan mohawk. Juga jangan pilih rambut panjang yang mengembang ke bawah.

Tipe kacamata yang cocok : pilihlah frame dan lensa kacamata yang melebar ke atas. Titik beratkan bentuk kacamata yang menyeimbangkan sisi atas muka agar balance dengan bawah.

Seleb pria dunia tipe muka triangular : Keith Urban.

5. WAJAH ROUND ( bulat bundar )

Gaya rambut yang cocok : muka bundar termasuk lebar jadi pilih gaya rambut cenderung meninggi ke atas atau memanjang ke bawah ( bila suka rambut panjang ). Alternatif yang demen rambut pendek bisa pilih gaya spike, mohawk, dan bross ( rambut ” kotak amal ” ). Jangan coba gaya afro ( krebo ) atau model lain yang melebar ke samping ( wavy, curls, dsb ).

Tipe kacamata yang cocok : pilihlah frame dan lensa kacamata yang berbentuk kotak dan sempit.

Seleb pria dunia tipe muka round : Elijah Wood, Freddy Rodriguez, dan Gerald Butler.

6. WAJAH HEART ( hati )

Gaya rambut yang cocok : bentuk wajah heart adalah kebalikan dari tipe wajah segitiga. So seimbangkan sisi bawah muka anda. Pilihlah gaya rambut layered hairstyle, side swept fringe, dan semi spiky soft layer. Hindari model rambut super pendek dengan terlalu banyak volume rambut di sisi atas kepala.

Tipe kacamata yang cocok : pilihlah frame dan lensa kacamata yang melebar ke bawah, terserah mau elips, persegi, dll.

Seleb pria dunia tipe muka heart : Mickey Rourke dan Robert Downey Jr.

7. WAJAH DIAMOND ( berlian )

Gaya rambut yang cocok : perpaduan gaya rambut yang cocok untuk wajah oblong dan heart. Hindari gaya rambut pendek fauxhawk.

Tipe kacamata yang cocok : pilihlah frame dan lensa kacamata yang strong brow (top lines), semi rimless, rimless, dan oval.

Seleb pria dunia tipe muka diamond : Al Pacino.

3 komentar:

Silahkan beri komentar kamu mengenai apa yang aku tulis di atas. Tapi tolong jaga kesopanan ya,