01 September 2009

Bete kok Dipelihara???

Bete kok Dipelihara

Suasana hati yang gampang berubah-ubah seperti saat remaja, memang bikin kita nggak nyaman. Sebenarnya wajar sich. Tapi jangan biarkan bete itu menetap berlama-lama. Biar kamu bisa lepas dari rasa bete, baca donk penyebab dan kiat mengusir rasa bete di bawah ini.

Faktor Biologis

Otak manusia terus tumbuh dan berkembang. Pada saat tumbuh itu, sel-sel kelabu di bagian luar otak menebal dan mencapai puncaknya pada saat usia 11 dan 12 tahun. Agar bekerja lebih efisien, ada beberapa wilayah otak yang mengalami kerampingan. Di antaranya adalah prefrontal cortex yaitu wilayah otak yang bertanggungjawab atas penilian, pengembangan, pengendalian diri dan perencanaan. Akibatnya, meski kita punya emosi dan hasrat yang menggebu-gebu, kita belum punya mekanisme yang memadai untuk mengendalikannya. Faktor lainnya adalah perasaan tak enak karena munculnya hormon-hormon seksual yang membuat tubuh kita berubah.

Faktor Emosional

Belum kesanggupan kita dalam menangani masalah yang semakin rumit adalah faktor yang paling banyak di jumpai di antara remaja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar kamu mengenai apa yang aku tulis di atas. Tapi tolong jaga kesopanan ya,