28 Juli 2009

PERISTIWA-PERISTIWA SAINS BULAN INI

5 JULI 1687

Buku Newtron Terbit

Buku karya ilmuan top Isaac Newton yang berjudul Philosophia Naturalis Principia Mathematica ( filosafi alamiah dari prinsip-prinsip matematika ) diterbitkan hari ini. Di dalamnya, tercantum hokum gerak Newton yang melandasi mekanika klasik seperti juga hokum grafitasi semesta. Newton berangkat dari hokum-hukum Keler tentang gerakan planet. Berkat hokum-hukum ini, terjadilah revolusi ilmiah dan kemajuan paham heliosrntrisme.

Dalam rumusan teori-teori fisikanya, Newton mengembangkan bidan matematika yang di kenal sebagai kalkulus. Tapi,, bahasa kalkulus nyaris tidak digunakan dalam principia. Malah, Newton menyusun kembali sebagian besar teorinya dalam argument geometris. Dalam buku ini pula Newton mengungkapakan kalimatnya yang terkenal: Hypoteheses non fingo ( saya tidak membuat-buat hipotesis )

Sir Isaac Newton merupakan ilmuan serba bisa. Selain jago matematika, ia juga ahli fisika, astronomi kimia, penemu dan filsuf alami yang terhitung sebagai ilmuan dan ahli matematika yang paling berpengaruh di zamannya.


1 JULI 1997

Penemuan WALKMAN, cara baru memikmati musik

Sejak 1 juli 1979, pencinta musik dapat de-ngerin musik dimana saja, kapan saja,. Berkat terobosan gemilang SONY, perusahaan multi nasional yang berbasis jepang yang bergerak di bidang video., komunikasi, serta teknilogi informasi, terciptalah walkman. Kehadiran pemutar musik yang bisa dibawa-bawa ini segera mangubah kebiasaan umat manusia dalam mendengarkan musik. Ide pembuatan Walkman sebenarnya berasal dari alat stereobelt yang diciptakan dan dipatenkan oleh Andreas Pavel pada tahun 1977.

Walkman pertama merupakan versi mini pemutar kaset tunggal bertransistor. Nama “Walkman” diberikan salah satu pendiri Sony, Akio Morita. Sony terus menggunakan nama generic “Walkman” untuk semua jenis alat pemutar audio portable sampaiakhir1990an ketika mereka meluncurkan “discman”, yang memutae CD alih-alih kaset.


2 JULI 1947

“Piring Terbang” Terdampar

Sebuah benda aneh dilaporkan terdampar sekitar 75 mil barat laut kota Roswell, New Mexico, AS. Benda tersebut mendarat di tanah pertanian dan meninggalkan area besar penuh puing. Berdasarkan si pemilik ranca, pangkalan udara lokaj kemudian melakukan pemyelidikan pada 6 Juli. Dua hari kemudaian, pangkalan angkatan udara Roswell mengumumkan bahawa benda itu adalah “piring terbang”. Namun, beberapa jam kemudian angkatan udara AS mengoreksi pernyataan ini dengan mengatakan bahwa benda itu buka UFO, melainkan balon cuaca.

Awal 1980an, ketika insiden Roswellini diangklat kembali, peristiwa ini jadi focus para penggemar konspirasi, isu penculikan manusia oleh makhluk luar angkasa, dan penyelidik UFO. Tahun 1994, US Air Force melakukan balon proyek mogul yang diluncurkan oleh alomogordo., New Mexico. Namun, insiden Roswll yerlanjur diidentikan dengan kehadiran makhluk luar bumi. Saking ngetopnya peristiwa ini, tahun 1999-2002 ditayangkan serial drama remaja bernuansa fiksi ilmiah dengan judul Roswell.


IX-a RFQ

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan beri komentar kamu mengenai apa yang aku tulis di atas. Tapi tolong jaga kesopanan ya,