28 Juli 2009

JENIS VIRUS FLU BURUNG

Virus yang menyebabkan penyakit flu burung adalah salah satu jenis dari family Orhomyxoviridae,yang terdiri dari Tipe A yang menyerang unggas,Byang menyerang babi dan C yang menyerang mamalia dan juga manusia.Namun dalam mutasinya, virus jenis A ini juga menular ke manusia.

Virus tipe A ini memiliki antigen H (Hemaglutinin=HA)sebanyak 16 psang, yaitu H1-H16 dan 9 antigen N (Neuramidase = NA), yaitu N1-N9 yang dapat berubah-ubah bentuk.Virus tipe A paling ganas yaitu H5N1 yang juga terbukti dapat menular dar unggsa ke mausia ternyata juga dapat menular ke singa, harimau dan kucing rumahan yang diberi makan daging unggas mentah yang terkontaminasi virus tersebut.

Pandemik virus influenza telah menyerang manusia sejak tahun 1918 yang menyebabkan penyakit Flu Spanyol yang dalam waktu beberapa bulan saja telah menelan lebih dari 100 juta korban, jauh lebih banyak daripada korban Perang Dunia ke II


Jenis – jenis lainnya adalah :

  1. H1N1, menyebabkan endemik di babi dan manusia, virus inilah yang menyebabkan flu spanyol yang menelan lebih dari 100 juta oarang.

  2. H2N2, meyebabkan wabah Flu Asia yang menelan 4 hingga 5 juta korban pada tahun 1957 di China dan juga wilayah sekitarnya.

  3. H3N2, yang menyebabkan infeksi pernafasan pada manusia dan babi.Virus ini merenggut nyawa 750.000 orang dengan penyakit yang disebut Hongkong Flu pada tahun 1968.Virus ini juga menjadi buah bibir yang merenggut nyawa beberapa anak di Amerika pada tahun 2003.;

  4. H5N1, saat ini merupakan virus flu burung terganas yang sudah menyebabkan 272 orang meninggal di seluruh dunia.Virus ini dikhawatirkan menjadi pandemik saat nantinya dapat menular dari manusia ke manusia.Conoth kasus itu telah terbukti menimpa pada keluarga da Tangerang, yang untungnya tidak sampai menyebar ke wilayah lainnya.

  5. H7N7, adalah virus yang menyerang binatnag namun memiliki karakteristik yang tidak biasa.Virus ini menimbulkan korban di Belanda sebanyak 89 orang namun yang meninggal hanya 1 orang saja.

  6. H9N2, adalah virus pathogen rendah dari virus jenis A yang menyerang unggas. Korban berjumlah 3 orang anak bertempat tinggal di Hongkong dan China, dan ketiganya dapat sembuh total.

  7. H7N3, meyerang Ameriks Utara pada tahun 2004 di daerah British Columbia.18 peternakan telah diselamatkan dari serangan dan penyebaran virus dan 2 kasus telah idatasi.Kasus penyakit yang muncul memiliki gejala seperti flu, dan korban dapat diselamatkan.

  8. H10N7, pertama kali dilaporkan dapat menginfeksi manusia setelah ditemukan kasus balita di Mesir pada tahun 2004 yang terkena virus tersebut.


Semua jenis virus A yang ada di dunia dan menjadi pandemik saat ini ditengarai merupakan hasil mutasi dari jenis virus H1N1 yang menjadi wabah Flu Spanyol, dimana virus ini akhirnya ditunjuk sebagai ibu dari semua jenis virus tipe A.



(VaN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar kamu mengenai apa yang aku tulis di atas. Tapi tolong jaga kesopanan ya,