28 Juli 2009

Dampak Avian Influenza ( Flu Burung)

Jangan fikir virus flu burung cuma bisa membunuh manusia, virus ini juga bisa membunuh stabilitas ekonomi, social kesehatan, psikologi masyarakat serta SDM. Bayangkan, gimana hebohnya sih jika visu flu burung udah jadi pandemic di seluruh dunia.


  1. Dampak Ekonomi

  • Tambahan biaya perawatan/kesehatan atau biaya yang berhubungan dengan perawatan yang dibayar oleh keluarga penderita. Kalo sering sakit pasti sering berobat, yang perlu diingat, di Indonesia itu pengobatan bayar nggak gratis!!!

  • Hilangnya peluang bisnis yang berhubungan dengan unggas, seperti peternak skala besar dan kecil, pedagang unggas dan pedagang produk-produk berbahan unggas.


  1. Dampak Sosial

Efek negatif yang direspon oleh masyarakat adalah ketakutan berlebih mereka jadi takut kalau kena virus flu burung soalnya, mereka itu beranggapan kalau kena flu burung unggas mereka harus dibakar.


  1. Dampak Kesehatan

Jika kena virus ini, kalian bisa sakit... sangat sakit bahkan kalian bisa mati, nggak mau kan mati muda?


  1. Dampak Psikologis

Semenjak kasus Avian Influenza muncul, masyarakat menjadi ketakutan untuk mengonsumsi bahan makanan yang berasal dari unggas. Kenyataanya efek psikologis ini menjadi sentral utama terhadap kelangsungan usaha yang berkaitan dengan peternakan unggas. Oleh karena itu diperlukan pemulihan psikologi image untuk mengonsumsi kembali produk asal ternak unggas.






Yen,Yfa

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan beri komentar kamu mengenai apa yang aku tulis di atas. Tapi tolong jaga kesopanan ya,