27 Desember 2013

Curhatan Desember

Liburan kali ini, aku gak pulang. Kegiatanku menumpuk di Desember. Setiap weekend kalau mau pulang selalu tertunda. Minggu pertama bulan Desember aku ada seminar dan Pengabdian Masyarakat UKM Penalaran yang aku koordinir. Minggu kedua aku ada diklat mulai tanggal 13-15 Desember. Minggu ketiga ada acara SATU (Satradhirsa to University) yang sibuknya minta ampun. Liburan sebelum UAS ini aku ada kegitaan gathering UKM Penalaran. Mau pulang, eh ternyata tiket kereta habis. Sebel deh, tapi ada positifnya juga, yakni bisa ngerjain tugas-tugas yang belum sempat dikumpulin kemarin.
Karena kesibukan ini, aku harus bener-bener bisa ngatur waktu. Namun, manajemen waktu itu masih menjadi tantangan buat aku. Gimana gak? Setiap Senin dan Kamis ada Kuliah Pena, acara gathering rutin dan diskusi untuk UKM Penalaran. Hari Rabu ada acara latihan bersama Airlangga Orchestra. Jadi bener-bener sibuk. Weekend adalah satu-satunya harapan dimana aku bisa bermalas-malasan, namun sepertinya gak bisa karena hari itu jadi ladang untuk nyelesein tugas.
Memang ini semua pilihaku sendiri dan aku harus mengambil konsekuensi dari apa yang aku pilih. Sejak awal masuk kuliah, aku sudah berniat untuk menyeimbangkan antara kegiatan akademik dan non akademik. Secara akademis, minimal IP 3,5 keatas lah. Kegiatan non akademis cukuplah ikut UKM Penalaran dan Airlangga Orchestra dulu, dan Alhamdulillah, aku sudah mendapat peran di dua UKM ini dan semoga bisa sukses.
Jujur, aku juga takut dengan hasilnya nanti. Terutama dalam bidang akademis, karena jurusan yang aku ambil lumayan sulit, Biomedical Engineering yang tentunya banyak bergelut dengan Fisika dan Kalkulus yang merupakan dua mata kuliah terlemahku, sehingga harus bekerja keras untuk bisa mendapatkan B.
Secara non akademis, Alhamdulillah lancar saja, namun aku belum bisa memaksimalkan diri, masih ada banyak hal yang perlu dikaji ulang dan juga perlu dipelajari. Sehingga ditahun 2014 aku pengen les biola, belajar public speaking, belajar koding untuk joomla, belajar menulis, aktif berkarya, dan mempersiapkan diri untuk ikut seleksi Harvard Model United Nations dan World Model United Nations. Hal-hal ini merupakan hal yang aku suka sehingga aku beraharap bisa benar-benar terwujud nantinya.
Tahun ini, terutama bulan Desember, merupakan puncak dari kegiatan ku, istilahnya adalah penghabisan lah untuk membuka lembaran baru di tahun 2014. Aku berharap, aku bisa belajar banyak di tahun 2013 ini, sehingga nanti di tahun 2014 aku bisa benar-benar menggali potensi diri yang terpendam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar kamu mengenai apa yang aku tulis di atas. Tapi tolong jaga kesopanan ya,