26 September 2013

University Tips #3, Books, oh Books


http://news.detik.com/surabaya/readfoto/2008/05/08/172325/936310/473/3/kampung-ilmu-surabaya
Kadang-kadang, yang paling menguras budget selain biaya hidup di universitas adalah buku. Bagaiamana tidak? Kalau kamu membeli buku ori, yang asli, harganya bisa ratusan ribu. Hal ini diperparah jika kamu memilih jurusan yang berhubungan dengan medical, seperti pendidikan dokter dan juga pendidikan dokter gigi. Bukunya bisa sampai satu juta keatas, untuk buku original yang sudah diterjemahkan.
Untuk jurusan saya sendiri, Biomedical Engineering, buku-buku yang ada masih berbahasa inggris. Tidak ada dan belum ada yang menerjemahkan buku-buku Biomedical Engineering ke dalam bahasa Indonesia. Mungkin karena mata kuliahnya sulit dan hanya ada di Universitas Airlangga saja untuk S1 dan Negeri sehingga belum ada yang menerjemahkan buku itu.
Karena aku ada di jurusan BME, dan ini termasuk science, maka yanga ku tahu terbatas pada buku-buku yang berbau science, seperti Fisika, Kimia, Biologi, dan Kalkulus. Buku-buku referensi untuk mata kuliah ini lumayan mahal, dengan harga rata-rata Rp 250.000 keatas. Mahal sekali kan? Untuk itu, diperlukan strategi yang ampuh agar bisa mencukupi buku-buku seperti ini.
Prinsip ku ketika membeli buku untuk kuliah adalah, bagaiamana mendapatkan buku yang asli namun harga miring. Solusinya adalah dengan membeli buku bekas. Dibandingkan dengan memfotokopi, yang sebenarnya juga lebih murah, membeli buku asli namun bekas masih tergolong berkelas. Kalau dikelompokkan “kelas” buku mata kuliah, ada 5 kelas.
1.       Buku asli, belum terjemahan. Memegang buku ini pasti terara seperti expert dan juga pintar.
2.       Buku asli, sudah terjemahan. Telihat sekali kalau kamu serius dengan pelajaran dengan niat membeli buku asli.
3.       Buku asli, namun bekas (milik sendiri). Ini  terlihat kalau kamu masih memiliki value untuk memuji keorisinalitasan suatu produk namun memiliki prinsip ekonomi yang kuat, yang paling penitng pula kan ini adalah buku milik kamu snediri.
4.       Buku asli, namun pinjam. Kadang-kadang yang seperti ini asal punya buku yang disyaratkan oelh dosen. Karena, kalau buku pinjaman kan tidak boleh untuk di coret-coret sehingga asumsi ku biasanya anak yang melakukan ini Cuma sekedar pinjam dan ada buku, itu saja.
5.       Buku fotokopi. Ini memang yang paling rendah kelasnya, namun ternyata banyak anak serius yang melakukan hal-hal seperti ini. Kebanyakan dari mereka itu benar-benar menggunakan buku ini dengan baik, meskipun fotokopian, dan tidak hanya untuk gaya-gayaan.
Nah, itulah 5 klasifikasi penggolongan penikmat buku kuliah menurut perspektifku.
Aku paling suka dengan yang normor 3. Milik sendiri, asli, namun bekas. Buku yang seperti ini yang paling sering aku cari. Yang pentnig bukan bajakan aku sudah seneng banget.
Untuk mencari buku bekas pun tidak susah kok. Kalau kamu di Malang, maka kamu bisa menemukan buku-buku bekas yang berkualitas di daerah Wilis. Sudah terkenal sekali di Malang sana. Kamu bisa menemukan buku-buku mata kuliah, novel, majalah, dan banyak sekali buku-buku lain baik yang bajakan, asli, bekas, dengan harga miring. Dulu aku pernah beli buku A/AS Level Biology Cambridge hanya dengan harga Rp. 95k. harga aslinya? 500 ribuan.
Di Surabaya ada dua sentra buku-buku bekas yang ada. Pertama adalah Pasar Blauran, dan yang kedua adalah Jalan Semarang. Kedua tempat ini berdekatan sebenarnya. Tidak terlalu jauh, sehingga jika mencari buku bisa langsung berkeliling di tempat-tempat ini. Temanku pernah beli buku untuk ISBD hanya Rp 20k saja disini. Buku bekas, tapi tak pernah dibuka oleh pemiliknya. Looks like new. Padahal harga aslinya sekitar Rp 50k. Benar-benar murah kan?
AKu juga pernah membeli buku Words Power dari Reader Digest hanya dengan harga Rp 50k. Padahal buku ini bisa mahal sekali kalau membeli asli. Dan ternyata pun, buku ini sudah tidak dicetak lagi. Aku hanya melihat di amazon.com hargayanya sekitar 13 USD.
Selain buku-buku dalam bentuk print out, ada juga buku-buku dalam bentuk soft file yang free dan bisa kamu download di internet dengan gratis. Namun kalian harus tahu bahwa buku-buku ini dalam bahasa inggris.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan beri komentar kamu mengenai apa yang aku tulis di atas. Tapi tolong jaga kesopanan ya,