11 November 2012

Susahnya Mencari Sekolah Bagi Mereka

Oleh: Sri Andiani
(Penerima Penghargaan Lomba Menulis Nasional 2009 Kategori SMP)



Jakarta-ykai.net - Anak-anak yang tunarungu yang sudah bisa berbicara dan mendengar dengan bantuan alat bantu dengar dan pelatihan yang sesuai, selalu mengalami kesulitan untuk mencari sekolah yang mau menerimanya. Sekolah-sekolah umum tidak mau menerimanya, karena menganggap mereka tidak mampu berbaur dengan anak-anak yang tidak berkebutuhan khusus.

Sedangkan kalau di sekolah luar biasa (SLB), mereka tidak cocok, karena mereka sudah bisa mendengar dan berbicara, untuk apa mereka bersekolah di SLB yang menggunakan komunikasi visual atau bahasa isyarat? Kemampuan mendengar dan berbicaranya akan menurun, karena lingkungan sekolah itu lebih menggunakan bahasa isyarat dibandingkan bahasa verbal. Sedangkan sekolah inklusif itu idenya bagus, hanya saja kurang mendapatkan dukungan dan fasilitasi. Padahal bila anak-anak itu diberi kesempatan yang sama dengan anak-anak yang tidak berkebutuhan khusus dan difasilitasi, pasti akan bisa berprestasi yang sama pula dan mampu berhadapan dengan dunia yang penuh persaingan.

Saya berpendapat bahwa orang-orang hanya melihat dari satu sisi saja, akibatnya anak-anak yang “normal” itu memiliki pemahaman atau pandangan yang salah, mereka tidak punya pengalaman, pendapat atau kesimpulan yang bagus tentang orang-orang yang berkebutuhan khusus. Hal ini dikarenakan adanya pemisahan pendidikan antara mereka. Sehingga saat mereka telah dewasa atau besar dan menjadi seorang pemimpin, mereka tidak mempunyai gambaran yang cukup tentang “teman-temannya” bahwa mereka juga bisa berprestasi yang sama.

Anak-anak yang berkebutuhan khusus itu harus difasilitasi dan diberi kesempatan untuk berkarya karena sebetulnya mereka itu mampu berprestasi. Bukankah kewajiban sebagai penerus bangsa dan memajukan bangsa adalah tugas semua anak-anak? Baik yang berkebutuhan khusus, maupun yang tidak. Dengan tulisanku ini, aku berharap agar anak-anak yang berkebutuhan khusus maupun yang tidak, diberikan kesempatan dan fasilitas yang sesuai dalam hal pendidikan agar mereka bisa saling berkerjasama dalam pembangunan dan memajukan bangsa.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan beri komentar kamu mengenai apa yang aku tulis di atas. Tapi tolong jaga kesopanan ya,