28 November 2010

Internet Sehat Bikin Hebat

Internet Sehat Bikin Hebat.
Sebuah Harta Karun Terpendam

Ketika mendengar kata internet pertama kali, waktu aku masih kecil. Aku berfikir bahwa internet itu merupakan ssesuatu yang sangat canggih. Tetapi, ada satu hal yang selalu aku ingat sampai sekarang. Meski canggih, menurutku internet selalu berhubungan dengan sesuatu yang tak jelas. Sesuatu yang Kau-Tahu-Apa.
Itu dulu, waktu aku masih kecil. Sekarang ketika aku remaja, pikiranku lebih terbuka dan berpandangan luas. Internet juga bisa membawa manfaat yang besar bila digunakan secara benar. Betul tidak?
Meski semua tahu bahwa internet bisa mendatangkan manfaat, jarang sekali orang yang mau meraih manfaat secara maksimal dari penggunaan internet. Bukankah begitu? Banyak orang yang membuka internet hanya untuk facebook-an tak jelas. Belum lagi jika membuka situs- situs Kau-Tahu-Apa. Parahnya lagi, yang membuka situs-situs seperti itu kebanyakan adalah pelajar. Ck...ck...ck...
Nah, sebagai seorang pelajar yang baik, seharusnya kita yang menjadi pelopor internet sehat. Internet sehat itu menurutku adalah cara berinternet yang mengedepankan aspek manfaat. Jadi, jika kamu berninternet tapi nggak ada manfaatnya, itu berarti belum sehat.
Lalu, caranya berinternet sehat itu seperti apa? Kamu bisa melakukannya seperti ini

1. Tetapkan tujuan dengan jelas. Kalau kamu browsing tetapi nggak nggerti tujuan kamu itu apa, kamu akan kesasar kemana-mana. Ibarat kamu pergi kesuatu tempat tapi nggak tahu jalannya. Bahayanya, kamu pasti punya kecenderungan untuk membuka situs Kau-Tahu-Apa daripada situs baik- baik. Karena, kamu pikir situs itu lebih “menarik”. Betulkan? Ngaku aja.
2. Beri Timing. Ini penting, terlebih untuk menghemat biaya. Jangan sampai kamu terbelok- belokkan oleh hal- hal yang nggak penting.
3. Jangan tergoda. Ini penting. Seperti yang kita ketahui bersama, remaja itu punya sifat selalu ingin tahu. Jadi, hati- hati kalau browsing ya, friends!
4. Ingat Tuhan. Meski cuman internetan, kalau nggak ingat Tuhan, gawat juga. Jika kamu mengingat Tuhan, kamu pasti dijaga kok. Kamu akan takut saat kamu ingin membuka situs Kau-Tahu-Apa.

Kayaknya untu tips cukup segitu dulu deh.
Sekarang, setelah kamu bisa ngerti cara memanfaatkan internet dengan sehat, kamu bakalan hebat. Gimana nggak? Jika kamu manfaatin dengan benar tuh intenet, kamu bakalan berpengetahuan luas. Open-Minded istilahnya.
Dulu kamu mungkin cuma anak desa yang nggak tahu apapun, katrok, dan cuma berfikir bahwa internet itu hanya tempat maksiat (kaya aku dulu). Tetapi jika kamu komitmen untuk beinternet sehat kamu bakalan jadi remaja yang cool, pinter dan fun.
Yah, kayak aku dulu lah, dulu itu aku ndeso, katrok banget. Tapi lihat sekarang, aku punya blog, aku bisa lebih tahu apa yang terjadi dengan berinternet sehat. Jangan khawatir kamu bakalan ketinggalan info. Semuanya ada di intenet. Lengkap. Kamu tinggal ngetik kata kunci, kemudian enter. Sim salabim, langsung banyak yang keluar tuh.
Bayangin aja, dulu kamu gaptek, sekarang setelah berinternet sehat, kamu jadi ahli banget dalam bidang teknologi informasi. Dulu kamunya katrok, sekarang udah cool.
Sekarang aja nih ada contoh sederhana. Dulu itu kamu nggak bisa bahasa inggris (kayak aku). Tetapi setelah rajin berinternet sehat, kamu jadi lebih jago berbahasa inggris. Karena, kamu bisa belajar langsung dari internet. Tak perlu les, di internet ada banyak sekali informasi mengenai belajar bahasa inggris. Mulai dari e-book hingga conversation-nya pun ada. Jika kamu tertarik untuk mempelajari english conversation atau tulisan, kamu bisa buka www.englishconversation.org atau www.youthspeak.org.
Internet sehat itu murah kok. Seperti harta karun pengetahuan yang terpendam. Padahal, kamu hanya perlu mempraktikan pola internet sehat. selanjutnya, kamu pasti bakalan hebat. Bagaimana, Mau?

10 komentar:

  1. saya suka sekali dengan opini dan argumen yang diangkat di artikel ini, ditunggu jua blogwalkingnya ke blog saya

    BalasHapus
  2. Infat Tuhan? Nice advice:)

    BalasHapus
  3. setuju ane,.
    kita memang harus selalu berinet sehat

    BalasHapus
  4. wow jadi inget heri putter neh bhro, waktu ada kata kau-tau-apa ^_^
    bagus artikelnya cuma banyak kata yang salah ketik tuh bhro
    smangat trus
    smoga menang yah
    salam blogger!

    BalasHapus
  5. Ingat Tuhan
    hahaha.. lucu banget.. penting loh itu..
    setujuu..

    intip blog saya juga ya
    http://panggilsayabella.wordpress.com/2010/12/01/internet-sehat-bikin-hebat/

    salam kenal ^^

    BalasHapus
  6. Semuanya, terimakasih atas komentranya ya...
    aku tahu ini itu masih banyak kesalahannya.
    @miliarderbermentalbaja: emang aku suka banget Harry POtter

    BalasHapus
  7. Iss iss....
    Simpel tpi ok bgt loh....salut...

    Mampir ya ke blog aq.... snoopycute7790.blogspot.com....

    BalasHapus
  8. NIce posting

    salam kenal dan selamat berjuang
    ditunnggu dilapak saya

    http://kangrahmat.blogdetik.com/index.php/2010/11/15/sukes-berat-dengan-internet-sehat-tanpa-perlu-tirakat/#comments

    BalasHapus

Silahkan beri komentar kamu mengenai apa yang aku tulis di atas. Tapi tolong jaga kesopanan ya,