28 November 2010

Diklat Jurnalistik, Berlari

Kemarin merupakan hari yang melelelahkan bagiku, dan beberapa kawan yang ikut klub jurnalistik. Bagaimana tidak? Setelah dijejali berbagai macam materi sejak pukul 07.30 - 15.30 WIB, kami harus mengahdapi tantangan untuk mencari pos pos jurnalis di UNIBRAW. Dan setiap pos akan diberi waktu jalan 3-5 menit. Jika berhasil sesuai waktu yang ditentukan, kami akan mendapat pita biru. Jika kalah, merah ditangan.
Aku dan kelompokku (Btw, kelompokku namanya ungu). Cowok yang ada di kelompokku itu hanaya aku. Yang lain cewek, yaitu Nadia, Ayu, Mbak Ulfah, dan Alvin.
Kami menadapt rute jalan
Pos 1. Big Bang
Pos 2. Fak. Hukum
Pos 3. Teknik Mesin
Pos 4. Fak. Peternakan
Pos 5. Gazebo Oryza FM
Pos 6. Gazebo di samping Fak. Kedokteran.

Tetapi, yang boleh dikunjungi pertama kali adalah Pos 1, 3, 4, dan 5. Dan setiap pos hanya boleh ada dua kelompok yang mengerjakan tugas.
Karena aku udah yakin bahwa POs 1. penuh, maka aku ngajak kelompokku langsung ke pos 4 yang berada di Fakultas Pertanian. bayangkan, kami lari dari asarama ke Fakkultas Pertanian, (asrama kami terletak di griya Brawijaya). lelah, ngos-ngosan deh pokoknya.
Akhirnya selesai juga di pos sastra (nama pos 4) kami membuat puisi yang berjudul Pulangkan Aku, yang berkisah tentang sampah.
Kemudian kami berlari ke Teknik Mesin, karena penuh, kami ditolak dan berlari ke Big Bang. Disana kami bertemu Mas Ziky, teman selobiku. Kami mendapat tugas untuk mencocokkan puzzel foto dan menemukan objek yang ditunjukkan di puzzel dan memfotonya. Kmai menadapt teratai. Kami mendapat biru disini.
Setelah itu akmi lari lagi ke Pos 2. Ini wajib, setelah pos 1 harus pos 2, karena tugasnya berurutan. Ternyata, kami disuruh membuat artikel di sini. Mas Arizky jadi jutek banget, kata Mbak ulfah, kami di suruh memilih ertas - kertas yang bertebaran dan mencari amna yang artikel dan mana yang bukan, aku sbenarnya udah dapet, polling itu artkle, karena temen- temanku nggak percaya, jadi di rumbah ke tips deh. Gamabr dari pos 1 akan dibuat menjadi artikel, jadin kami membuat artikle tentang merawat teratai deh.
Setelah ke pos 2, kami ke pos 3. Pos pembuatan berita. Kami disuruh mengambil berabgai macam kata dari aspek what, when, who, where, dan why, terus kami disuruh membuat hownya bagaiaman.
Kami mendapat who-nya adalah Justien Bieber, what-nya menyanyi, when-nya tahun depan, where-nya di sawah why-nya tertimpa beton. Kebayang nggak kami buat berita apa? hoax besar deh.
Setelah itu kami lari- lari, hari sudah sore, parkiran depan fakultas peternakan mengembangkan rasa ngerinya. Apalagi remang- remang karena pepohonan. Kami lari, terus lari, melewati fakultas biologi dan terus lari ke fakultas kedokteran. Pokoknya lari, teman- temanku cewek ketinggalan jauh dibelakang.
Akhirnya samapi juga di gazebo, eh... ternayata salah, bukan gazebo yang ini, tapi di belakang fakultas kedokteran. Meski capek lari- lari, badan berbau keringat, rambutku basah kayak habis kehujanan. Kami dapat merah!
Di Pos 5, kami bertugas mewawancarai Pak Yudi, pembimbing klub jurnalis. Sebelumnya, kami sudah mendapatakn topik yang kan dugunakan untuk mewawancarai Pak Yudi. Kami menadapt topik coklat. Dalam interview ini, kami bersimulasi mewawancarai Mr. Flame, nama samaran Pak Yudi. Aku pikir ini akan jadi wawancara serius, eh tak tahunya arah ngalor-ngidul nggak jelas. Ini ada contoh petikan wawancaranya.
Saya: "Mr. Flame, dimanakah memebli coklat?"
Mr Flame: "Di TPS- TPS (Tempat Pembuangan Sampah) terdekat lah. sambil 'say hello' pada kawan- kawan"
Nggak jelas banget kan?
Kemudian kami lari lagi ke Pos 6. Yeah, pos terakhir. Ternyata di Pos ini kami akan membuat berita sari hasil wawancara tadi dan membacanya ala pembawa berita. Dan kau tahu, aku yang akan membacanya, GJ banget..
"Selamat Sore, jumla lagi dengan Saya M.... Dalam acara Sekilas Berita Ungu TV. Dalam beita kali ini, saya akan membahas Coklat, dari persepsi orang gila"
Geje deh, lelah sekali rasanya, tapi seneng banget bisa kayak gini. Diklat paling cepet tapi berkesan


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan beri komentar kamu mengenai apa yang aku tulis di atas. Tapi tolong jaga kesopanan ya,