03 Maret 2013

UNAS Makin Dekat


 Unas makin dekat. Satu bulan lagi dan semua usaha selama tiga tahun akhirnya akan ditentukan juga dengan ujian selama tiga hari. Meskiipun demikian, ternyata tiga hari ujian tidak akan menentukan 100% kelulusan siswa dari sekolah. Ujian Nasional hanya akan menentukan 60% kelulusan, sedangkan 40% nya adalah performa di sekolah yang diambil dari ujian sekolah. Meski demikian, berarti tetap saja kelulusan di Indonesia ditentukan oleh ujian.
Aku kurang tahu dengan negara lain, namun memang ujian selalu dijadikan ajang penentuan bagi kelulusan siswa. Berat memang, kalau sampai ada anak yang smart namun gagal di ujian karena dia punya masalah.
Disitulah tantangan dalam ujian nasioanl di Indonesia. Semakin dekat dengan ujian nasional, semakin banyak keringat dingin yang muncul, rasa deg degan, stress, atau parahnya lagi depresi gara-gara tidak dapat memenuhi target.
What about me? Do I feel the same about UNAS? Well, I should say it honestly that I feel anxious about UNAS. Like I’m not 100% prepared. My focused still divided by something I don’t know, maybe the university enrollment that caused it. However, I considered that the caused is come from inside my mind, which is really good in manipulating. So, from now on, I think the best way to save myself is to negotiate with my mind and give positives affirmation that will lead me to break the wall.
Still, UNAS one month again, I should be prepare for this war. Because UNAS is another war and I will win this time.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar kamu mengenai apa yang aku tulis di atas. Tapi tolong jaga kesopanan ya,