21 November 2011

M-Teens Model Competition, Keindahan Fisik Bukanlah Modal Utama

M-Teens Model Competition, Keindahan Fisik Bukanlah Modal Utama

Minggu (20/11), sejak pukul 08.30 WIB kantor Malang Post yang biasanya sepi karena libur kelihatan ramai oleh banyak remaja. Kantor yang terletak di Jl. Sriwijaya No.1 dipadati oleh siswa SMP dan SMA se-Kota Malang yang akan mengikuti lomba modelling dan juga lomba jurnalistik yang memang dimulai pada hari ini.

Suasana ramai di ruang tunggu yang dipadati oleh peserta menyepi ketika panitia memberikan pengarahan singkat mengenai mekanisme lomba yang dipimpin oleh Adinda Zaeni, Koordinator Event. Banyak sekali pelajar yang ikut, “Tahun ini yang mendaftar ada sekitar 70-an” ungkap perempuan yang juga wartawan familia ini. Di lain pihak, Tang Ting selaku koreografer modelling menyatakan hal yang sama bahwa lomba yang tahun ini lebih memiliki banyak peserta dibandingkan tahun lalu.

Lomba yang dilaksanakan kedua kali ini merupakan lomba yang digagas oleh M-Teens yang bertujuan untuk mencari anak remaja yang inspiring, tidak sekedar cantik tapi menginspirasi dan berwawasan luas, tutur Dewi Yuhana selaku Penanggung Jawab Malang School Competition (MSC) 2011. “Karena selain menang, mereka juga akan menjadi brand ambassador rubrik M-Teens Malang Post”. Kriteria dalam lomba modeling ini ada banyak, diantaranya adalah postur tubuh yang ideal, gaya berjalan, kemampuan public speaking dan wawasan mereka. “Bisa diringkas dengan 3B (Brain, Beauty, and Behaviour) atau otak, keindahan fisik, dan juga perilaku”, pungkas Hana.

Ada tiga seleksi dalam lomba modeling ini, yakni sesi foto, interview, dan juga aksi on stage (catwalk). Hari ini hanya dilaksanakan pemotretan dan juga interview. Sedangkan aksi catwalk baru akan dilaksanakan pada tanggal 25 November nanti.

Seleksi yang pertama merupakan sesi foto yang dilaksanakan di Pink Room atau kantor M-Teens. Para peserta dipanggil satu-satu ke sana untuk sesi pemotretan kemudian mereka diberi kesempatan 10 kali foto dengan berbagai gaya dan ekspresi. Fotografer dalam sesi ini adalah Guest Gesang yang telah mengenyam dunia fotografi secara serius sejak kuliah.

Setelah pemotretan dilanjutkan dengan sesi interview yang dilaksanakan di Mini Hall Malang Post. Ada tiga juri yang akan menilai kecakapan para model ini berbicara, kepantasan berbusana, bagaimana mereka bermake up dan juga yang tak kepribadian mereka. Selain itu, interview yang berlangsung ssekitar lima menit ini dilakukan untuk mengetahui seberapa dalam pengetahuan para model ini mengenai dunia remaja.

Juri dalam sesi interview ini ada tiga, yakni Dewi Yuhana sebagai perwakilan dari M-Teens, Lettisa yang merupakan fotografer model yang berpengalaman, dan juga Agus Sunandar, Dosen Tata Busana Universitas Negeri Malang yang sudah berkecimbung dalam dunia mode sejak lama dan menjadi master di dalamnya. Ketiga juri tersebut sepakat bahwa keindahan fisik bukanlah hal yang paling utama dalam dunia modeling. Lettisa lebih menekankan kepada wawasan dan penguasaan tubuh, sedangkan Agus lebih menekankan kepada proporsi tubuh dan cara berjalan agar tampak cantik memeragakan sebuah busana.

Kebanyakan peserta model mendapat dukungan penuh dari orang tua mereka. Seperti yang dilakukan oleh Ibu Maya yang merupakan ibu dari Bunga, peserta M-Teens Model Competition dari SMPN 21. “Saya ingin anak saya bisa meningkatkan rasa kepercayaan dirinya dan juga mendapat teman”, ungkap ibu berkerudung ini sambil tersenyum.

Motivasi para peserta pun beragam. Mulai dari sekedar coba-coba, ingin menggeluti lebih dalam dunia modeling, mencari teman, meningkatkan rasa percaya diri, hingga menadapat hadiah. Hal berbeda diungkapkan oleh M. Djodi Hardi Prajuri dari SMAK 1 Albertus Malang. Dia menyatakan ingin mengikuti lomba modeling ini agar bisa lebih meningkatkan sense dalam berbusana dan juga membuat jaringan. “Saya ingin menjadi pemilik brand pakaian yang terkenal di seluruh dunia”, ujar cowok yang sudah hidup mandiri sejak kelas 2 SMA ini.

Dari M-Teens Model Competition 2011 ini akan diambil 3 juara. Yakni juara 1, 2 dan 3. Selain itu juga akan diambil Juara Fotojenik dari hasil pemotretan dan juga Juara Favorit yang diperoleh melalui poling. Para pemenang akan mendapatkan berbagai hadiah yakni ada uang pembinaan, trophy, hadiah dari sponsor, sertifikat dan juga kontrak menjadi brand ambassador M-Teens.(naf)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan beri komentar kamu mengenai apa yang aku tulis di atas. Tapi tolong jaga kesopanan ya,