29 November 2011

Bye Bye IGCSE

Setelah berbulan-bulan berkutat dengan buku tebal IGCSE, syukurlah, kurikulum dari Cambridge University ini udah selesai. Memang beneran berat buku IGCSE, baik secara harfiah maupun secara metafora. Berat karena ditulis memakai bahasa inggris dan kadang-kadang bahasanya sulit dimengerti, berat juga karena memang tebal bukunya bisa 5 cm lebih dengan kertas lux dan panjangnya lebih dari 20 cm.
Aku dan teman-teman mendapatkan berbagai macam soal (kita menyebutnya paper) untuk persiapan ujian IGCSE yang diselenggarakan pada Oktober hingga November ini. Gila kan? ujian kok 2 bulan. Tapi nggak semuanya ujian terus, tapi diselang-seling. Hari ujian, besok nggak, ujian ujian, nggak ujian. Kalau ditimbang lebih deh dari 5 kg kertas-kertas paperku. Ditumpuk aja lebih dari 15 cm kok. Banyak banget ya...
Malah seru loh, Ujian IGCSE daripada KTSP. Contohnya nih, aku kan dapat Chemistry, Biology, ICT, ESL, dan Business Studies. Di dalam Chemistry ada 3 paper yang dipilih untuk extended (biar kita dapat kesempatan untuk A*. Yaitu paper 6 yang merupakan alternative to practical, paper 3 yang merupakan isian panjang dan terakhir ada paper 1 yang merupakan pilihan gandA. Gilanya nih, jika di KTSP kita bakal punya waktu 120 menit untuk mengerjakan 40 soal pilihan ganda, maka disini kita hanya punya waktu 45 menit untuk mengerjakannya. Hebat bukan? Belu lagi mengerjakan soal essay paper 3. Iya sih bener cuma 8 atau 9 soal. Tetapi, soal itu bisa punya anak hingga 5 soal. Itung aja berapa jadinya soal. Belum lagi yang analytical. Pusing puyeng bakalan.
Yang terpenting nih, kamu nggak bakalan bisa nyontek dalam ujian IGCSE, karena jarak tiap akndidat sangat jauh. Apalagi untuk paper 1. Setiap kandidat jaraknya 1.5 meter atau lebih. 1 kelas hanya diisi 9 anak. Makanya, semuanya harus belajar sendiri. Nggak ada kata contekan. PURE.
yah, setelah ujian IGCSE berlangusng dan berakhir dengan gembira, aku hanya berharap bahwa aku bisa mnedapatkan nilai A* semua, biar cita-cita keluar negeri tercapai. Aamiin


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan beri komentar kamu mengenai apa yang aku tulis di atas. Tapi tolong jaga kesopanan ya,