03 Agustus 2010

Hidung

HIDUNG

A. PENGERTIAN HIDUNG

Hidung adalah bagian yang paling menonjol pada wajah. Rancangan bangun hidung sangat sesuai dengan fungsinya. Hidung terletak strategis tepat di atas mulut karena salah satu fungsinya adalah mengumpulkan informasi tambahan tentang makanan disamping informasi yang diperolah dari alat pengecap di lidah.

B. FUNGSI UTAMA HIDUNG

1. Sebagai Alat Pembau

Manusia memiliki kemampuan yang luar biasa. Telah diperkirakan bahwa hidung yang memiliki kemampuan rata - rata bisa membedakan sekitar 4000 jenis bau. Angka ini akan melonjak sampai 10.000 pada hidung super sensitif.

Pada saat kita bernapas, zat kimia yang berupa gas ikut masuk ke dalam hidung kita. zat kimia yang merupakan sumber bau akan dilarutkan pada selaput lendir,kemudian akan merangsang rambut-rambut halus pada sel pembau. sel pembau akan meneruskan rangsang ini ke otak dan akan diolah sehingga kita bisa mengetahui jenis bau dari zat kimia tersebut.

2. Sebagai Air - Conditioner

Kata air conditinoer berarti mengolah udara yang masuk agar terasa nyaman. Hidung adalah air conditianer sejati karena disamping mengatur mutu suhunya, hidung juga mengatur mutu kelembaban serta mutu kebersihan udara yang diprosesnya.

Biasanya kotoran yang masuk ke hidung ditangkap oleh lendir, lalu disapu oleh silia ke arah lobang hidung atau ke tenggorokan. Cara ini membantu membersihkan udara sebelum masuk ke dalam paru-paru.

C. BAGIAN - BAGIAN HIDUNG

1. Hidung bagian atas terdiri dari tulang dan hidung bagian bawah terdiri dari tulang rawan (kartilago). Agar tidak mudah patah oleh benturan yang mungkin sering terjadi karena letaknya yang menonjol ke depan.

2. Hidung dipisahkan menjadi 2 rongga oleh septum, yang membentang dari lubang hidung sampai ke tenggorokan bagian belakang. Rongga hidung dilapisi oleh

3. Sel-sel pada selaput lendir menghasilkan lendir dan memiliki tonjolan-tonjolan kecil seperti rambut (silia). berfungsi sebagai pelembab rongga hidung.

D. GANGGUAN HIDUNG

Penyakit hidung membutuhkan perawatan yang cepat dikarenakan berhubungan dengan sistem pernapasan. Hidung seperti kita ketahui adalah jalan masuk utama oksigen dan keluarnya karbondioksida. Jika kualitas udara kurang baik, pengaruh polusi, atau masuknya benda-benda asing ke dalam hidung, dipastikan alat pernapasan akan mengalami berbagai penyakit.

1. SALESMA(COLD) DAN INFLUENZA(FLU)

Salesma dan infuenza merupakan infeksi pada alat pernapasan yang disebabkan oleh virus, dan umumnya dapat menyebabkan batuk, pilek, sakit leher dan kadang-kadang panas atau sakit pada persendian. Gejala yang mengiringi diantaranya mencret ringan, terutama pada anak kecil.

Salesma dan influenza hampir selalu sembuh sendiri tanpa obat. Jangan gunakan penicillin, tetracycline atau antibiotika lainnya, karena obat-obatan ini sama sekali tidak menyembuhkan dan dapat menimbulkan bahaya. Hal yang dilakukan saat menemui anggota keluarga memiliki gejala salesma:

v Minum air panas dan cukup istirahat.

v Aspirin atau acetaminophen dapat menurunkan panas dan menghilangkan sakit kepala. Tablet-tablet salesma yang lebih mahal tidak lebih manjur daripada aspirin. Jadi, mengapa Anda harus memboroskan uang?

v Tetaplah makan seperti biasa, karena tidak ada pantangan mengonsumsi sesuatu.

2. HIDUNG YANG TERSUMBAT DAN PILEK

Hidung yang tersumbat atau pilek dapat terjadi karena salesma atau alergi. Banyak lendir dalam hidung menyebabkan infeksi telinga pada anak-anak atau gangguan sinus (peradangan gawat dan berlangsung lama pada rongga tulang yang berhubungan dengan rongga hidung) pada orang dewasa.

v Pada anak-anak kecil, hisaplah dengan hati-hati ingus atau lendir dari hidung dengan menggunakan balon penghisap atau sempritan tanpa jarum suntik.

v Orang dewasa dan anak-anak remaja dapat menghirup air garam kedalam hidungnya. Tindakkan ini akan mencairkan lendir.

v Bernapas dalam uap air panas akan melegakan hidung yang tersumbat.

v Hapuslah ingus Anda, tetapi jangan menghembuskan ingus kuat-kuat, karena tindakan ini dapat menimbulkan sakit telinga dan infeksi sinus.

v Penderita yang sering mengalami sakit telinga atau gangguan sinus dapat mencegahnya dengan memakai tetes hidung decongestan seperti phenyleprine. Setelah menghirup sedikit air garam, teteskan obat tersebut dalam hidung sebagai berikut:

3. GANGGUAN SINUS (SINUSITIS)

Sinusitis merupakan peradangan sinus, yaitu rongga-rongga dalam tulang yang berhubungan dengan rongga hidung, yang gawat dan biasanya terjadi dalam waktu menahun (kronis).

Tanda-tanda:

v Sakit pada muka di sekitar mata. Pada daerah ini jika Anda mengetuk tulang atau menundukkan kepala, muka akan terasa sakit.

v Hidung sering kali tersumbat oleh adanya nanan atau ingus yang kental.

v Kadang-kadang diikuti oleh panas.

4. PERADANGAN HIDUNG KARENA ALERGI (RHINITIS ALLERGICA)

Rhinitis Allergica disebabkan oleh adanya reaksi alergi pada hidung yang ditimbulkan oleh masuknya substansi asing ke dalam saluran tenggorokan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan beri komentar kamu mengenai apa yang aku tulis di atas. Tapi tolong jaga kesopanan ya,