15 Oktober 2008

Cara Buat Bisa Bikin Novel (kasep)

Tips biar kita bakat nulis kayak J.K Rowling, Andrea Hirata, dan penulis-penulis lainnya yang berbakat. Dan tulisan kita selalu dikenang orang sepanjang masa/abadi. Tips yang paling mendasar adalah:

Teruslah berlatih menulis. Jangan pernah berhenti menulis. Sebab menulis itu seperti menyetir mobil. Semakin tinggi jam terbang Kita, maka keahlian Kita pun insya Allah semakin baik. Cara yang paling ampuh adalah menulis buku harian, usahakan setiap kita melihat buku haraian kita selalu nafsu untuk nulisin apa yang ada diangan-angan kita and kalau kita mampu, kenapa nggak beli aja buku diary yang bagus yang bias membangkitkan semangant menulis kita.

Rajin-rajinlah membaca buku-buku yang berkualitas. Jika tubuh kita diibaratkan “pabrik penulis”, maka inputnya - antara lain adalah bacaan, dan outputnya (atau produk yang dihasilkan) adalah tulisan. Dengan demikian, kegiatan membaca bagi seorang penulis sangat penting. Tulisan kita akan banyak diwarnai oleh jenis bacaan yang kita lahap. Bila Kita rajin membaca teenlit, maka Kita akan menjadi seorang penulis teenlit. Bila Kita rajin membaca opini di surat kabar, maka Kita akan menjadi seorang penulis opini. Demikian seterusnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar kamu mengenai apa yang aku tulis di atas. Tapi tolong jaga kesopanan ya,